Oleh: WhiteRose | Juli 29, 2011

Balikpapan Nan Indah, Bersih dan Nyaman….

Sama sekali tidak pernah terpikirkan apalagi berkhayal kalau saya bisa keliling  Indonesia.  Ini adalah suatu anugrah yang diberikan Tuhan kepada saya dan saya sangat bersyukur sekali bisa mengunjungi  kota kota besar di Indonesia tanpa mengeluarkan biaya sendiri dan  semua dibiayai oleh kantor saya . Bekerja sembari berwisata…

Dari perjalanan dinas luar saya yang baru beberapa kota ,yaitu : Bogor, Bandung, Yogjakarta, Surabaya, Bali,  Banjarmasin dan Balikpapan. Saya terpesona pada keindahan kota Balikpapan. Kotanya yang bersih, tidak macet, asri dan penduduknya yang ramah  serta keindahan pantainya yang menawan. Balikpapan juga dikenal sebagai kota  “The Oil City of Indonesia”. Karena sebagai penghasil minyak di Indonesia.

Bandara Sepinggan Balikpapan bagi saya terkesan unik, karena terletak di pinggir laut dan terlihat tertib. Di dalam bandaranya juga ada seperti mall, itu juga saya ketahui setelah saya mau balik ke Jakarta.

Bandara Sepinggan Balikpapan

Bandara Sepinggan Balikpapan

Memasuki kota Balikpapan ,saya berdecak kagum lagi karena sepanjang perjalanan saya dari airport ke Wisma Pantai , jalanannya begitu bersih, lancar, tidak ada pengamenpengemis dan masyarakatnya tertib lalu lintas .  Ada slogan yang bertuliskan “Balikpapan Kubangun, Kujaga, Kubela” dan disisi jalan saya temui juga tulisan “ Balikpapan Go Green, Clean, Health “ ada juga yang dalam bahasa Indonesia “Balikpapan Bersih, Hijau, Sehat”. Dan ternyata Kota Balikpapan ini kota terbersih ke-2  se ASEAN pada tahun ini dan juga mendapatkan penghargaan Wahana Tata Nugraha yaitu kota yang bisa menata transportasi public dengan baik. Kota yang  sesuai dengan motto nya sendiri yaitu kota “BERIMAN” (Bersih, Indah, Aman dan Nyaman). Dalam hati saya berkata “pantas saja,karena kotanya memang bersih dan tertib”.

Sesampainya saya di Wisma, saya lebih takjub lagi dengan keindahan pantainya. Karena wisma tempat saya menginap ada pantai di belakangnya.  Langsung saja saya dan teman saya berpose di pantai yang indah itu, tentunya setelah saya menaruh barang2 saya di kamar dan berganti pakaian. Panorama alamnya seperti pantai Jimbaran di Bali lho. Dan saya juga foto di sekitar lapangan Merdeka ,tempat untuk berolahraga atau sekedar nongkrong di sore hari. Badan udah terasa pegel  tapi hati tetap senang melihat Ciptaan Tuhan yang begitu indah. Lihat saja foto2 nya. Cekidott….

Indahnya pantai di Balikpapan

Jl. Jend.Sudirman (depan lapangan Merdeka) Balikpapan.

Bersih tidak ada sampah.

Balikpapan...go green, clean and health

Panas-panas tetep smile... :)

Selama saya bepergian dinas keluar kota saya selalu menyediakan Suplemen di kotak obat-obatan saya, karena itu membantu saya untuk mengatasi pegel dan capek .  Terlebih disaat dinas di Kota Balikpapan ini, hawa pantai di siang hari yang panas dan aktivitas pekerjaan saya, pastinya membuat badan saya butuh yang namanya suplemen. Lihat deh gaya narsis kita setelah seharian beraktifitas, wajah lelah tapi tetap semangat. Keep smile….

ekspresi pegel dan capek setelah beraktivitas

Nah untuk berkeliling kota Balikpapan, saya cukup menggunakan jasa angkutan umum. Istilah angkutan umum di Balikpapan namanya TAXI bukan Taksi yang kita sering gunakan pakai argo. Tarifnya pun cukup murah jauh/dekat hanya Rp.3000,-. Kebetulan saya bertujuan ke Balikpapan Super Blok dan Mall Balcony City. Saya sempatkan berfoto di Mall yang saya kunjungi itu. It’s so beauty…

Ke Kota Balikpapan selain menikmati pemandangan alamnya yang indah, saya juga sempatkan untuk berwisata kuliner. Makanan yang konon terkenal di Balikpapan adalah Kepiting Kenari yang seporsi Rp.120.000,- tapi berhubung saya takut alergi jadi saya tidak menikmati cita rasa kepiting khas Balikpapan itu. Dan saya hanya mencoba makanan yang tidak kalah lezatnya yaitu Soto Banjar, per porsi Rp.11.000,-. Makanan di Balikpapan memang terbilang sedikit agak mahal tapi sebanding dengan rasanya.

Begitulah kota Balikpapan yang Bersih, Indah, Aman dan Nyaman. Menjadi suatu kebanggaan bagi Indonesia karena mempunyai kota yang bersih dan di akui oleh dunia. Semoga Kota-kota di Indonesia khususnya DKI Jakarta sebagai ibukota Indonesia dapat mencontoh Kota Balikpapan.

Responses

  1. Terima Kasih sudah sharing info tentang Balikpapan-nya.
    Semoga suatu saat bisa kesana :)

    Salam kenal Mbak Yolina,

    yudi

    • Salam kenal juga Yudi… :)
      Anda tidak akan menyesal bila berkunjung ke Balikpapan..,so beauty city… :)

  2. wah kota kelahiran saya nih mba’, smoga bisa sering2 kesna lagi ya mba, hehe…

    balikpapan emank dari dulu bersih, indah, dan nyaman :D

  3. liat jg photo2 balikpapan di kotabalikpapan.wordpress.com

  4. Mba Yolina mau tanya donk tarif di wisma pantai pertamina brp yah & klo mau reservasi telpnya kemana yah? terima kasih


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

